Pertemuan jadi penulis, inilah kisahnya…

No Comments 652 Views0


2016-07-09-16-19-52-730

FORUMINDONESIAMENULIS.COM- Banyak yang mengatakan dunia menulis itu dunia yang tanpa tekanan, menyenangkan, tidak banyak pikiran, dan lain-lain. Hanya duduk di kafe, menatap laptop, sambil menikmati secangkir kopi. Tapi persepsi itu tidak diamini oleh Elina Lekha, penulis asal Pontianak yang baru menelurkan bukunya yang berjudul, ”Pertemuan”.

Elina Lekha bisa mengatakan seperti itu karena dia telah mengalami lika-liku dalam menyelesaikan bukunya. Proses seperti mencari ide, editing, layouting, dll membuatnya memfokuskan tenaga dan mentalnya semaksimal mungkin.

Awalnya sebelum membuat buku di Forum Indonesia Menulis, Elina tidak terlalu terbeban dalam menulis, karena tidak ada beban seperti deadline, keteletian, dll. Tapi semenjak mengenal Forum Indonesia Menulis dari seorang temannya, penulis kelahiran 1995 ini baru paham dunia menulis sesungguhnya seperti para penulis alami.

Kendala terbesar yang sering dihadapinya dalam menulis adalah buntu dalam tulisannya sendiri. Bingung ingin menulis apa atau ketika sudah di tengah tulisan tidak tahu harus melanjutkan apa. Biasanya Elina mengatasinya dengan refreshing, melupakan tulisannya sejenak dengan jalan-jalan, cari kuliner, dll. Dan itu sangat manjur untuk mengatasi masalahnya.

Elina Lekha bersyukur bisa bergabung dengan Forum Indonesia Menulis, karena di sini dia bisa menseriusi hobi menulisnya dengan lebih dalam lagi. Di sini dia mendapatkan ilmu kepenulisan yang sangat bermanfaat baginya dalam menulis buku. Terlebih lagi di Forum Indonesia Menulis, Elina Lekha bisa mewujudkan impiannya untuk membuat buku.

Buku yang ia tulis berjudul “Pertemuan” ini merupakan kumpulan cerpen dan puisi. “Pertemuan” mengambil tema umum yang begitu dekat dengan remaja yaitu romansa. Lewat buku ini dia ingin menyampaikan bahwa cinta itu selalu menarik untuk diceritakan.

Sebenarnya Elina Lekha tidak menyangka menulis sebuah buku, karena dia pada awalnya menulis hanyalah sebagai wadah untuk mengekspresikan diri karena dia tidak terbiasa untuk menyampaikan sesuatu secara lisan.

Walaupun banyak kendala dan menguras pikiran, Elina sangat menyenangi dunia kepenulisan ini karena dengan menulis dia bisa mengeluarkan beban pikiran, menenangkan jiwa, dan terapi untuk menghilangkan stres.

Itulah sedikit cerita dari Elina Lekha, seorang penulis sekaligus mahasiwi Politeknik Negeri Pontianak. Dia juga berharap dunia kepenulisan maju dan diiringi dengan minat baca yang semakin meningkat.

Sumber: Forum Indonesia Menulis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *