Eliana Martin – Berhasil Wujudkan Impian Menulis Buku

No Comments 18019 Views0


10999892_143600625976528_7699691277312122642_n

FORUMINDONESIAMENULIS.COM – Tidak ada istilah kata “sibuk” dalam dunia tulis menulis. Di manapun dan kapanpun kita bisa melakukan kegiatan menulis. Asalkan kita punya visi dan misi untuk tulisan yang kita buat.

Banyak sekali penulis-penulis yang telah sukses dengan tulisannya, walaupun pada awalnya mereka tidak memiliki pengetahuan dalam dunia kepenulisan. Banyak pula di antara mereka yang telah menerbitkan buku dan menjadi sebuah buku yang BEST SELLER sebut saja Isa Alamsyah, Asma Nadia, Fakhrul Ar-razi dan masih banyak lagi penulis-penulis yang telah sukses dengan dunia kepenulisannya.

Setiap orang yang mencintai dunia kepunulisan pasti ingin menjadi seperti mereka, namun belum menemukan di mana tempat yang biasa menjadi wadah untuk mereka mengukir tulisannya di atas kertas melalui goresan tinta sebuah pena.

Hal seperti ini sangat sering di rasakan oleh penulis-penulis pemula. Sebut saja Eliana Martin, penulis yang berasal dari desa Sp.VI Nanga Ansar Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat. Yang baru saja menyelesaikan bukunya yang berjudul “AGAR IMPIAN TAK SEKEDAR MIMPI”.

Menjadi seorang penulis dan bisa menerbitkan sebuah buku bukanlah hal yang pernah terpikirkan olehnya. Namun menulis dan membaca adalah hal yang ia sukai sehingga mampu membantunya menerbitkan buku pertamanya.

Dara asal daerah Sekadau yang lahir pada tanggal 16 oktober 1995 ini, menyukai semua gendre buku asalkan buku yang ia baca dapat memberi motivasi dan inspirasi baginya. Sedangkan untuk menulis merupakan kegemarannya sejak remaja, berawal dari menulis di buku harian.

Sekitar pada bulan Maret 2016, ia melihat ada sebuah brosur FORUM INDONESIA MENULIS tentang penerimaan calon penulis muda angkatan V di mading kampusnya. Tanpa membuang banyak waktu ia langsung mendaftarkan dirinya. Setelah mengikuti berbagai tes akhirnya ia dinyatakan lulus sebagai peserta FORUM INDONESIA MENULIS angkatan V tahun 2016.

Ia sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari FORUM INDONESIA MENULIS,  baginya ini adalah hadiah yang sangat luar biasa dari Tuhan untuknya. Dengan pertemuan selama sepuluh kali, ia merasa banyak sekali pengalaman-pengalaman yang ia dapatkan. Mulai dari cara penulisan kata yang benar dan baik, editing, sampai layouting.

Bagi seorang penulis pemula hambatan-hambatan tentu akan dialami, contoh hambatan yang sering dialami olehnya adalah cara memanajemen waktu, waktu untuk menyelesaikan tulisan (mencari ide kepenulisan dan cara memperbaiki tulisan),  waktu untuk kuliah, waktu untuk berorganisasi dan waktu untuk berkerja. Namun seirng berjalannya waktu selama sepuluh kali pertemuan, ia dapat menemukan solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan yang sering ia alami. Dan dengan adanya dukungan dari teman-teman, mentor dan orang-orang terdekatnya.

Eliana menulis sebuah buku dengan gendre pengembangan diri, buku ini sengaja ia buat dan ia hadiahkan kepada pembaca dengan tujuan untuk memberi motivasi dan inspirasi bagi pembaca. Isi dari buku yang terbitkan memberikan tips-tips mewujudkan semua impian yang dimiliki oleh setiap orang. Sebagian dari buku yang ia tulis juga menceritakan pengalaman pribadinya.

Baginya untuk membuat tulisan biasa menjadi sebuah buku yang bagus tentunya akan menguras tenaga, waktu dan materi misalnya pada saat deadline tulisan tiap minggu, editing, juga layouting. Namun dengan adanya visi dan misi yang jelas untuk menjadi penulis semua itu dapat terlewatinya.

            Walaupun banyak tangga yang harus ia lewati untuk sampai ke puncak, namun dunia kepenulisan adalah hasrat pribadinya, karena lewat tulisan ia bisa menyalurkan ide-ide yang ia miliki, lebih leluasa memberikan motivasi dan inspirasi bagi orang-orang di luar sana.

            Itulah sedikit cerita dari Eliana Martin, penulis muda yang sedang melanjutkan studinya di POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK.

Jadi penulis tidak harus berpendidikan tinggi atau randah, miskin atau kaya, pintar atau tidak, namun yang harus dimiliki oleh seorang penulis adalah visi dan misi yang jelas mengapa menjadi seorang penulis.

Sumber: Forum Indonesia Menulis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *